Hiking Bali Batur

Bali tidak hanya soal pantai saja tetapi juga wisata alam lainnya seperti hiking. Salah satu destinasi untuk melakukan hiking adalah Gunung Batur. Gunung Batur sendiri memiliki ketinggian sekitar 1.717 mdpl. Tidak terlalu tinggi memang. Oleh sebab itu, sering dikatakan jika hiking Bali Batur bisa menjadi pilihan bagi pendaki pemula. Hanya saja, tetap dibutuhkan kondisi fisik yang prima serta mental yang kuat untuk terus naik hingga sampai ke puncak. Oleh sebab itu, walau mudah, tetap harus melakukan persiapan.

Nikmati Sunrise Dari Hiking Bali Batur

Hiking Bali Batur

Perjalanan dari kaki gunung hingga ke puncak kurang lebih membutuhkan waktu hingga 2,5 sampai 3 jam tergantung dari kecepatan untuk mendaki. Perjalanan selama itu tidak akan mudah bagi pemula apalagi jika tidak membawa persiapan yang cukup. Jadi, selalu ingat jika ini bukan pendakian yang mudah seperti yang sering dibicarakan orang-orang. Walau mudah, cukup menantang sehingga jika mental tidak kuat, maka bisa saja tidak akan sampai ke puncak Gunung Batur ini.

Itulah kenapa tidak jarang jika pendaki pemula hanya sampai pada pos 1 saja dan tidak bisa melanjutkan hiking Bali Batur hingga sampai ke puncak. Hal yang perlu diperhatikan dan selalu ingat adalah Anda harus yakin pada diri Anda sendiri sehingga semua kesulitan akan Anda atasi. Selain itu, tetap berikan sugesti yang positif agar pikiran Anda tetap bekerja sesuai dengan harapan Anda yakni sampai ke tujuan atau puncak Gunung Batur. Tancapkan juga jika pemandangan dari atas sudah menanti untuk dinikmati.

Salah satu yang paling menarik dari Gunung Batur ini adalah sunrise. Sunrise dari datarang tinggi yang ada di Gunung Batur sungguh sangat indah. Anda juga akan melihat danau Batur dengan adanya background berupa Gunung Abang dan bahkan Gunung Rinjani yang ada di Lombok juga akan dengan mudah terlihat. Sunrise hiking Bali Batur adalah salah satu yang tidak boleh dilewatkan. Sehingga perjalanan pendakian harus dimulai dari dini hari agar bisa menikmasi sunrise yang indah menakjubkan.

Hiking Bali Batur Dengan Landscape Bali yang Indah

Hiking Bali Batur

Bali memang tidak hanya indah karena pantainya, kehidupan malam atau budayanya saja melainkan juga landscape yang sangat memukau. Anda akan melihatnya ketika melakukan perjalanan pendakian ke Gunung Batur. Mungkin Anda akan sedikit kecewa jika Anda melihat kabut yang menutupi semua pemandangan. Tapi, begitu kabut tersebut hilang, pemandangan atau landscape dari Gunung Batur akan terlihat mengesankan. Anda akan terpesona melihat keindahan yang ditawarkan Gunung Batur dari atas.

Jadi, selain sunrise, hiking Bali Batur juga menyajikan pemandangan alam yang eksotis. Bisa dibayangkan jika perjalanan yang tidak lama atau hanya beberapa jam saja, namun begitu sampai di puncak Anda sudah disajikan dengan suguhan dari Tuhan yang telah menciptakan semuanya. Jangan lupa untuk mengabadikan momen. Ada banyak view yang bisa ditangkap kamera Anda. Keindahan dari atas Gunung Batur bahkan tidak akan mudah diungkapkan.

Semua akan terbayar ketika Anda sampai di puncak Gunung Batur. Bahkan, apa yang disuguhkan di atas puncak Gunung Batur malah melebihi dari usaha yang Anda lakukan untuk mencapainya. Jadi, ketika mulai mendaki Anda harus selalu ingat jika di atas puncak Gunung Batur ini akan lebih berharga dari pada usaha yang Anda lakukan untuk sampai ke puncak. Sangat wajar jika Anda ingin melakukan hiking Bali Batur lebih dari satu kali karena perjalanannya tidak terlalu jauh, trek juga cukup mudah sedangkan view-nya sangat mengagumkan. Fantastis!

Oya, untuk bisa masuk ke Gunung Batur, ada biaya registrasi untuk setiap orang. Biayanya murah tidak sampai Rp 20.000 atau sekitar Rp 10.000. Jika Anda menggunakan jasa seorang guide, biayanya bisa Rp 300.000 hingga Rp 400.000 untuk setiap guide. Negosiasikan saja agar lebih murah. Sedangkan waktu yang tepat untuk hiking Bali BaturĀ  adalah di musim kemarau dan mulai mendaki jam 3.00 dini hari karena sekitar jam 5.40an, sunrise sudah mulai akan terlihat. Anda tidak akan kecewa dan tidak akan pernah.