Hiking Bali

Bali memiliki keindahan yang sangat menakjubkan. Bali biasanya identik dengan pantai, ombak, adat istiadat dan juga pemandangan serta permainan yang sangat menyenangkan. Namun, semua yang sudah disebutkan di atas, ternyata Bali juga menyimpan rahasia keindahan lain yang belum terjamah. Hiking Bali memberikan Anda kesempatan untuk bisa menjelajahi beberapa gunung di Bali yang bisa didaki hingga sampai ke puncak. Jadi, Anda bisa melihat keindahan Bali lebih dekat lagi.

Sebelum Pendakian Persiapan Hiking Bali

Hiking Bali

Ada cukup banyak persiapan yang harus dilakukan sebelum Anda melakukan pendakian ke Bali. Selain persiapan pribadi seperti membawa perlengkapan dan peralatan yang dibutuhkan saat hiking ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum memulai hiking Bali. Coba perhatikan beberapa hal berikut ini agar perjalanan wisata pendakian Anda di Bali semakin seru dan menyenangkan. Ingat, mendaki gunung manapun, dibutuhkan persiapan dan pengenalan medan yang baik.

Waktu Pendakian

Sebelum melakukan pendakian atau bahkan sebelum mengunjungi Bali, sebaiknya cek kondisi musim di Bali. Jika ingin melakukan pendakian, maka waktu yang tepat untuk datang adalah sekitar April hingga September atau saat musim kemarau. Musim kemarau adalah waktu yang terbaik untuk bisa mendaki gunung di Bali. Apalagi ada dua gunung berapi yang bisa didaki yakni Gunung Batur dan Gunung Agung. Ketika musim hujan, trek akan menjadi berlumpur serta licin sehingga cukup berbahaya dan sulit.

Agen Wisata Pendakian

Hiking Bali

Bagaimanapun, Anda akan membutuhkan agen wisata pendakian. Tidak hanya akan menunjukkan rute atau jalur hiking Bali, agen wisata tersebut akan menyajikan informasi dan berbagai kebutuhan lainnya termasuk transportasi menuju lokasi pendakian. Anda harus memastikan jika agen tersebut terpercaya dan memberikan harga yang bersaing dengan yang lainnya. Anda bisa mencari informasi tentang agen tersebut baik melalui online atau langsung bertanya ketika berada di Bali.

Pilih Gunung Pendakian

Di sini, ada cukup banyak pilihan gunung yang bisa didaki. Tapi, jika Anda ingin melakukan pendakian paling mudah, maka Anda bisa memilih hiking Bali di Gunung Batur yang sudah populer. Ketinggian Gunung Batur mencapai 1.717 mdpl. Sedangkan jika Anda ingin mendaki gunung yang lebih menantang, maka Anda bisa mendaki gunung tertinggi di Bali yakni Gunung Agung. Gunung Agung memiliki ketinggian hingga 3.031 mdpl. Otomatis, Gunung Agung adalah puncak tertinggi di Bali.

Fisik dan Mental

Walaupun Anda akan mendaki Gunung Batur, jangan sampai meremehkan kondisi fisik dan mental. Bagaimanapun, mendaki Gunung Batur juga membutuhkan tenaga yang ekstra sehingga Anda bisa sampai di puncak dengan waktu atau jarak tempuh yang sesuai dengan jadwal. Jika fisik Anda sedang tidak baik, maka jangan sekali-kali melakukan pendakian. Selain fisik, mental juga sangat penting oleh sebab itu persiapkan mental dengan baik walau hanya mendaki Gunung Batur.

Peralatan dan perlengkapan

Hiking Bali

Jumlah peralatan dan perlengkapan tergantung dari gunung mana yang akan Anda daki. Jika Gunung Batur, tentu tidak terlalu banyak karena pendakian juga tidak terlalu lama. Namun, jika Gunung Agung, tentu harus diperhatikan dengan baik jumlah logistik, perlengkapan dan peralatan agar tidak terlalu berat dibawa tapi tetap terpenuhi kebutuhan nutrisi ketika mendaki. Sebaiknya tanyakan pada agen wisata pendakian tentang peralatan dan perlengkapan termasuk jika ingin camping.

Camping dan saksikan Sunset & Sunrise

Satu hal yang tidak boleh dilewatkan ketika Anda melakukan hiking Bali adalah menyaksikan sunset atau sunrise. Pendakian bisa mencapai puncak pada siang atau sore hari. Jika sore, maka sempatkan untuk melihat sunset. Jika memungkinkan, Anda juga bisa camping di malam hari kemudian menyaksikan sunrise di pagi harinya. Untuk camping, sebaiknya tanyakan pada agen wisata Anda.

Jika Anda sudah membuat rencana pendakian ke Bali dengan beberapa hal di atas, maka sudah saatnya untuk menentukan tanggal atau waktu untuk terbang ke Bali dan memulai melakukan pendakian. Hiking Bali ini bisa menjadi wisata alternatif yang sangat menyenangkan sekaligus menantang ketika Bali terlalu ramai oleh para wisatawan. Anda juga bisa mencoba mendaki satu per satu dari semua gunung pendakian yang ada di Bali.